Perbedaan Dana Tunai BPKB dengan KTA

Estimated read time 2 min read

Seperti yang Anda ketahui, saat ini ada dua macam jenis kredit atau produk pinjaman. Pertama yaitu jenis dana tunai BPKB atau dengan agunan, dan pinjaman KTA (Kredit Tanpa Agunan). Ingin tahu apa perbedaannya? Nah, di sini kami akan coba menjelaskan kepada Anda apa saja perbedaan diantaranya kedua jenis pinjaman tersebut.

Penjelasan Dana Tunai BPKB dengan KTA

Kredit adalah salah satu bentuk dana yang diberikan oleh lembaga keuangan kepada nasabah. Kredit dapat diberikan dalam berbagai bentuk, seperti kredit pemilikan rumah, kredit kendaraan, kredit tanpa agunan, dan kredit agunan.

Di sini, kami akan membahas perbedaan antara kredit agunan BPKB dan kredit tanpa agunan. Tujuannya agar Anda bisa mengenali perbedaan antara keduanya.

Apa Itu Kredit Agunan BPKB?

Sesuai dengan namanya, agunan BPKB adalah kredit yang diberikan berdasarkan jaminan BPKB (Bukti Pemilikan Kendaraan Bermotor) sebagai agunan. BPKB adalah dokumen resmi yang menunjukkan bahwa seseorang adalah pemilik sebuah kendaraan.

Dalam hal ini, BPKB kendaraan yang dimiliki nasabah akan diberikan sebagai jaminan kepada lembaga keuangan. Jika nasabah gagal membayar cicilan, maka lembaga keuangan berhak menjual kendaraan yang dijaminkan untuk memperoleh dana yang terhutang.

Apa Itu Kredit Tanpa Agunan?

Kredit tanpa agunan atau KTA adalah kredit yang diberikan tanpa adanya jaminan. Dalam hal ini, lembaga keuangan mempercayai nasabah untuk membayar cicilan dengan baik. Kredit tanpa agunan biasanya diberikan berdasarkan penilaian terhadap kemampuan nasabah membayar cicilan, seperti pendapatan, riwayat kredit, dan faktor lain yang dianggap penting oleh lembaga keuangan.

Dana Tunai BPKB

Perbedaan

Ada beberapa perbedaan yang harus Anda kenali. Berikut adalah beberapa perbedaan antara keduanya.

1.   Pencairan Dana

Pencairan kredit dengan agunan jauh lebih besar dibandingkan dengan kredit tanpa agunan sehingga bisa Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan pembiayaan.

2.   Jaminan

Kredit agunan BPKB memiliki jaminan BPKB kendaraan, sementara kredit tanpa agunan tidak memiliki jaminan apapun.

3.   Bunga

Bunga kredit agunan BPKB biasanya lebih rendah dibandingkan dengan bunga kredit tanpa agunan. Hal ini karena lembaga keuangan memiliki jaminan BPKB sebagai alternatif pembayaran jika nasabah gagal membayar cicilan.

Tertarik untuk mengajukan dana tunai BPKB? Kini Anda bisa langsung mengajukannya di KreditPlus yang merupakan salah satu aplikasi pinjaman terpercaya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours