Apakah Ciri Ciri Bayi Kuning Berbahaya? Ini Penjelasannya

Estimated read time 2 min read

Fakta dari dunia medis memaparkan bahwa ternyata 60 persen bayi pernah mengalami penyakit kuning. Ciri ciri bayi kuning umumnya dilihat dari warna kulitnya yang berubah menjadi kuning karena terlalu banyak segmentasi kuning pada kulitnya.

Berikut ini kami coba jelaskan kepada Anda apa ciri-ciri atau gejala yang biasanya muncul pada bayi yang memiliki penyakit kuning.

1.  Perubahan Warna Kulit dan Warna

Kulit si kecil, mulai dari mulut, wajah, telapak tangan, telapak kaki hingga mata pun berwarna kuning. Hal ini karena pigmentasi warna kuning di kulit yang terlalu banyak sehingga membuat warnanya berubah.

Warna kulit yang berwarna kuning ini juga akan semakin tampak terlihat jika kita menekannya dengan menggunakan tangan.

2.  Perubahan Warna Urin dan Tinja

Selain perubahan pada warna kulit dan mata, penyakit ini juga berpengaruh pada warna tinja dan juga urin. Warna urin si kecil akan berubah menjadi gelap. Sedangkan warna tinjanya akan terlihat pucat.

Pada bayi yang normal, warna urin tidak gelap dan warna tinja cenderung berwarna kuning atau orange.

ciri ciri bayi kuning

3.  Lemas dan Tidak Nafsu Makan

Penyakit ini juga berpengaruh pada kondisi si kecil. Bayi yang punya penyakit kuning  biasanya lemas dan juga tidak nafsu makan. Bayi akan cenderung tidak bergairah untuk beraktivitas.

Nafsu makan dan juga nafsu untuk menyusu juga menjadi terpengaruh sehingga asupan gizi cenderung menjadi kurang.

Kapan Harus ke Dokter?

Umumnya penyakit kuning akan hilang dengan sendirinya. Namun, jika penyakit ini tidak berhenti atau terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka sebaiknya Anda segera membawa si kecil ke dokter.

Dokter akan melakukan terapi menggunakan sinar ultraviolet atau sinar UV. Selain itu, dokter juga akan memberikan sejumlah obat yang sesuai dengan kondisi si kecil. Pasalnya, meskipun penyakit ini bukan penyakit berbahaya, tapi suatu waktu bisa menjadi berbahaya jika tidak segera berkonsultasi.

Tidak sulit untuk mengetahui ciri ciri bayi kuning karena bisa dilihat langsung dari perubahan pigmentasi warna kulit. Jangan lupa juga untuk memilih popok yang tepat untuk si kecil, yaitu popok premium dari Makuku.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours