Ban Cepat Botak dan Licin? Cek Penyebabnya Berikut Ini!

Estimated read time 3 min read

Apakah Anda sering mengganti ban karena kondisinya cepat “botak” atau licin? Kondisi tersebut bisa jadi karena Anda tidak merawatnya dengan baik atau gaya berkendara yang kurang baik. Anda bisa menggunakan ban Dunlop jika ingin lebih awet serta imbangi dengan perawatan yang baik dan benar.

Jika ingin ban kendaraan awet dan tidak cepat botak, pastikan untuk terus membaca artikel di bawah ini sampai selesai.

Penyebab Ban Cepat Botak dan Licin

Di bawah ini adalah beberapa faktor atau kondisi yang dapat mempercepat ban kendaraan botak atau licin.

1. Shockbreaker yang Tidak Baik

Setiap kendaraan bermotor pasti dilengkapi dengan shockbreaker untuk kenyaman berkendara dan suspensi kendaraan. Jika kondisi shockbreaker tidak baik tentu akan menyebabkan suspensi yang keras. Akibatnya, ban akan mendapatkan tekanan yang lebih berat sehingga membuat permukaannya cepat gundul.

Oleh sebab itu, Anda sebaiknya segera mengganti shockbreaker yang sudah tidak berfungsi dengan baik supaya tidak menimbulkan kerusakan pada ban. Ban berkualitas pun bisa cepat gundul jika Anda tidak memberikan perawatan yang baik pada kendaraan Anda.

2. Sangat Jarang Membersihkan Ban

Usahakan untuk rajin menjaga kebersihan setelah berkendara di medan yang kotor. Alasannya, kotoran yang menempel pada ban bisa saja mengandung bahan-bahan kimia yang dapat merusak kualitas ban. Alhasil, ban akan menjadi lebih cepat tipis atau gundul. Supaya ban Dunlop kendaraan Anda mempunyai usia pakai yang panjang, maka rajinlah menjaga kebersihannya.

3. Abai dengan Kendaraan

Apakah Anda sering abai dengan kendaraan Anda? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini karena bukan saja berakibat buruk terhadap ban tetapi juga komponen kendaraan lainnya. Kebiasaan abai seperti jarang memeriksa kondisi tekanan angin ban dan gaya berkendara yang serampangan adalah penyebab ban menjadi lebih cepat aus dan botak.

4. Sering Mengerem Mendadak

Ban kendaraan Anda akan cepat tipis dan gundul jika sering mengerem secara mendadak. Pasalnya, pengereman mendadak ini akan menghasilkan gesekan yang cukup keras antara ban dengan permukaan jalan. Untuk menghindari kebiasaan mengerem mendadak, Anda bisa membawa kendaraan dengan kecepatan rata-rata.

Selain itu, mulailah belajar dan membiasakan diri untuk mengerem yang lebih halus. Alhasil, band Dunlop Anda tidak akan cepat botak serta Anda dapat meningkatkan keselamatan dalam berkendara.

5. Salah Memilih Ban

Setiap jenis kendaraan mempunyai ukuran ban yang tidak sama. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih ukuran ban yang tepat untuk kendaraan Anda. Penggunaan ban yang tidak tepat tentu akan memengaruhi performa kendaraan. Fatalnya, ban juga akan menjadi lebih cepat aus atau botak.

6. Tidak Merotasi Ban

Rotasi ban umum dilakukan untuk kendaraan roda empat supaya ban lebih awet dan tidak cepat botak. Rotasi merupakan kegiatan memindahkan ban kendaraan, baik ban depan ke belakang atau ban kiri ke kanan. Dengan demikian, semua permukaan ban akan mendapatkan tekanan yang sama sehingga tidak cepat rusak.

7. Kelebihan Muatan

Semua jenis kendaraan dapat digunakan untuk mengangkut barang. Namun, pastikan Anda tidak mengangkut barang melebihi kapasitas kendaraan yang Anda miliki. Kelebihan kapasitas muatan akan memberikan tekanan yang lebih berat pada ban.

Tekanan tersebut tentu bisa menyebabkan permukaan ban cepat botak atau tipis. Pada kasus yang lebih parah, kendaraan bisa mengalami pecah ban yang juga bisa menyebabkan kecelakaan.

Sudah Lebih Jelas dengan Penyebab Ban Botak?

Itulah tujuh faktor penyebab ban cepat botak atau licin yang penting untuk Anda ketahui. Pilih ban Dunlop untuk kendaraan Anda karena berkualitas dan tersedia banyak pilihan ukuran. Ban berkualitas ini tentu mempunyai masa pakai yang lama, apalagi jika diimbangi dengan perawatan yang tepat.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours