4 Manfaat Utama Asam Folat untuk Ibu Hamil

Estimated read time 2 min read

Asam folat atau vitamin B9 merupakan salah satu jenis nutrisi yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil. Kebutuhan asam folat untuk ibu hamil yaitu sekitar 600 mcg per hari. Namun pada ibu yang pernah melahirkan bayi cacat tabung saraf, kebutuhannya lebih banyak sampai 4.000 mcg. Sebenarnya, apa manfaat asam folat? Simak di sini!

Manfaat Utama Asam Folat untuk Ibu Hamil

Langsung saja, berikut ini manfaat asam folat bagi wanita hamil yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah Cacat Tabung Saraf

Salah satu manfaat dari asam folat yaitu membantu tabung saraf bayi berkembang baik. Sehingga bayi dapat terhindar dari risiko cacat tabung saraf seperti spina bifida dan anensefali. Bukan hanya itu saja, asam folat bisa mencegah beberapa penyakit bawaan, termasuk bibir sumbing.

2. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Preeklamsia merupakan komplikasi kehamilan dengan gejala tekanan darah tinggi, peningkatan kadar protein di urine, dan bengkak-bengkak. Kondisi tersebut cukup berbahaya karena dapat menyebabkan eklampsia atau kejang saat melahirkan. Nah, asam folat menurunkan risiko preeklamsia pada ibu hamil. 

3. Mencegah Anemia 

Anemia atau kekurangan darah banyak terjadi pada wanita hamil. Pada kondisi hamil, anemia cukup berbahaya karena menyebabkan komplikasi kehamilan yang mengancam ibu dan bayi. Anda bisa mencegah anemia dengan mencukupi kebutuhan zat besi dan asam folat. Oleh sebab itu, selalu pastikan mendapatkan asam folat yang cukup baik dari suplemen ataupun makanan. 

4. Mencegah Keguguran

Manfaat asam folat bagi wanita hamil yang terakhir yaitu bisa mencegah keguguran. Keguguran tentu saja hal yang tidak diinginkan semua orang. Selain mencegah keguguran, asam folat juga menurunkan risiko beberapa gangguan kehamilan lain. Contohnya yaitu gangguan pertumbuhan janin dan kelahiran prematur.

Nah, itulah manfaat asam folat untuk ibu hamil. Melalui pembahasan di atas, bisa disimpulkan bahwa asam folat sangat penting. Selain memenuhi kebutuhan nutrisi di masa kehamilan, Anda juga harus memastikan kebutuhan Si Kecil terpenuhi setelah lahir. Rekomendasi popok newborn untuk Si Kecil yaitu MAKUKU SAP Diapers. Selain tipis, MAKUKU SAP Diapers juga anti ruam dan anti bocor, cocok untuk newborn

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours