SEO Checklist Cara Optimasi SEO On-Page Dalam  Digital Marketing

Estimated read time 4 min read

Seo atau search engine optimization merupakan teknik atau strategi digital marketing melalui optimasi dengan tujuan agar website bisnis Anda memiliki peringkat yang bagus di mesin pencarian google. Melalui kata kunci yang ditargetkan, strategi digital marketing yang satu ini dianggap effektif dalam mengembangkanbisnis yang dijankan.

Pada prakteknya search engine optimization terdiri dari 2 elemen utama yaitu on page SEO dan juga off page SEO.Berikut ini beberapa penjelasan terkait SEO on page tersebut dan tentunya sangat penting untuk Anda ketahui. Berikut ini informasinya!

Optimasi SEO On Page

Optimasi SEO on page merupakan proses atau teknik optimasi yang dilakukan pada halaman konten website yang diterbitkan. Cara ini lebih fokus  pada beberapa faktor internal pada sebuah halaman website. Beberapa tahapan atau langkah yang dilakukan, mulai dengan penggunaan konten yang berkualitas dan strategis dalam memaksimalkan fitur halaman website berdasarkan kata kunci atau keyword yang ditargetkan. Dengan kata lain, teknik atau strategi seo on page ini mengoptimalkan konten dengan tujuan agar mesin pencari google memahami konteks konten yang dibuat dan juga relevan dengan keyword yang ditargetkan.

Langkah Optimasi On page SEO

Beberapa cara atau tahapan bisa Anda lakukan untuk melakukan optimasi on page pada halaman website bisnis Anda.Mulai dari hal yang sederhana seperti mempercepat speed loading halaman website dan juga mengubah permalink menjadi lebih pendek. Tujuan dari optimasi tersebut diantaranya adalah agar halaman website Anda mendapatkan skor penilain yang lebih baik di google. Skor tersebut merupakan salah satu aspek penilaian google terhadap website Anda. 

Beberapa langkah atau tahapan lainya juga bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penilaian serta performance website Anda dalam mesin pencarian google diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Buat tag judul se relevan mungkin dengan keyword atau kata kunci yang ditargetkan
  2. Hindari penggunaan URL yang terlalu panjang serta tidak relevan dengan konten dan keyword yang telah ditentukan.
  3.  Maksimalkan Struktur dan body text pada konten website dengan kandungan keyword maupun long tail keyword tertarget
  4. Memaksimalkan Heading pada konten halaman website dengan struktur H1 yang diikuti dengan H2 dan H3
  5. Tempatkan kata kunci tertarget pada 100 kata pertama body text
  6. Selain itu sisipkan juga target keyword juga pada bagian meta deskripsi dan juga judul pada bagian konten website
  1. Gunakan sinonim keyword pada bagian body text atau isi konten website Anda
  2. Gunakan desain website responsif untuk meningkatkan penilaian website anda di mata google search engine.

Elemen Penting SEO on Page

Beberapa elemen atau komponen penting yang bisa Anda maksimalkan dalam optimasi on page digital marketing on page website Anda diantaranya adalah sebagai berikut:

  • title tag
  • Permalink website
  • Meta deskripsi
  • 100 kata awal konten website Anda
  • Internal link
  • Sistem navigasi
  • H1,H2 dan juga H3 Tag
  • Semantic Url
  • Alt Image

Beberapa komponen di atas merupakan komponen yang bisa meningkatkan performance website bisnis Anda, tentunya dengan pengaplikasian strategi yang tepat pada setiap komponen tersebut.

Fungsi Optimasi On Page Website

Sebagaimana diketahui, SEO merupakan salah satu teknik yang bisa dikatakan efektif dalam hal optimasi website guna meningkatkan rank atau performance website di search engine google. Selain itu, ada banyak fungsi dan juga manfaat yang bisa website Anda dapatkan ketika melakukan optimasi on page pada halaman website Anda, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Dapat mengoptimalkan serta memaksimalkan pencarian lokal
  2. Strategi marketing yang efektif serta murah yang bisa Anda lakukan karena dilakukan secara organik
  3. Hasil dari optimasi bersifat permanen karena dilakukan secara organik berbeda dengan optimasi of page yang terkadang berubah ubah dan mudah hilang
  4. Dapat meningkatkan trafik organik
  5. Hemat secara waktu dan juga biaya
  6. Bisa create UX yang bagus serta user friendly
  7. Bisa meningkatkan klik per impresi

Sekian beberapa informasi penting terkait langkah serta cara Optimasi on page, sebagai bagian strategi digital marketing  untuk meningkatkan performa website dimata google. Untuk melakukan strategi atau teknik diatas tersebut Anda bisa melakukan nya secara pribadi ataupun melalui Agency digital marketing terpercaya seperti diginet.co.id.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours