Apa Itu 4C Diamond Pada Sebuah Berlian? Berikut Ulasannya!

Estimated read time 3 min read

Siapa sih wanita yang tidak menyukai perhiasan berlian? Keindahan kilauannya tentu sangat menggoda para kaum hawa untuk memilikinya. Namun bagi Anda yang berniat untuk membelinya, pastikan Anda memperhatikan faktor 4C Diamond pada berlian tersebut, ya!

4C tersebut meliputi Color (warna) Clarity (kejernihan) Cut (potongan) dan Carat (carat). Keempatnya mampu mempengaruhi kualitas serta keindahan dari berlian tersebut, lho!

Untuk informasi lebih lengkap dari keempat faktor tersebut, Anda bisa menyimak informasinya di bawah ini!

  1. Color

Color atau warna merupakan cara mengetes kualitas pada suatu berlian berdasarkan pada ada atau tidak adanya warna yang tampak pada berlian. Semakin sedikit warna yang terlihat atau semakin jernih berlian, maka semakin tinggi pula kualitas berlian tersebut. 

Berlian yang dianggap terbaik yaitu berlian yang tidak memiliki warna atau colorless, bersih dan bening seperti setetes air. Skala untuk penilaian standar warna pada berlian dinilai dari D-Z di mana berlian dengan kualitas warna terjernih diberi nilai D. 

Penilaian ini bisa dilakukan dengan membandingkan berlian di bawah pencahayaan yang terkendali pengamatan yang tepat untuk mendapatkan nilai warna terstruktur. 

Perbedaan warna berlian tidak bisa dilihat secara kasat mata sehingga harus dilakukan oleh ahli atau menggunakan alat khus. Perbedaan warna yang timbul dapat menentukan perbedaan pada kualitas dan tentu harga dari suatu berlian.

  1. Clarity

Clarity atau kejernihan suatu berlian mengacu pada ada atau tidaknya kecacatan atau noda pada berlian. Perlu diketahui, bahwasannya tidak ada berlian yang sempurna tanpa cacat sedikitpun karena batu tersebut dihasilkan dari proses penambangan dari perut bumi.

Namun semakin bersih atau minim cacat pada suatu berlian, maka semakin tinggi nilainya. Skala penilaian kejernihan berlian diantaranya yaitu Flawless (FL) yang merupakan berlian dengan tingkat kecacatan 0,01%, Internally Flawless (IF), Very (V), Very Slightly Included (VVS1 and VVS2), Very Slightly Included (VS1 and VS2), Slightly Included (SI1 and SI2), dan Included (I1, I2, and I3).

  1. Cut

Cut merupakan kualitas potongan yang dapat dilihat dari cara suatu berlian memantulkan sinar dan berkilau. Tak hanya berlian dengan bentuk bulat, hati, oval, persegi atau pir, kualitas potongan berlian yang baik dapat juga dilihat dari cara berlian tersebut memantulkan cahaya secara sempurna. 

Kepresisian dalam pengerjaannya sangatlah berpengaruh agar bisa menghasilkan potongan dengan proporsional dan simetri sehingga dapat memantulkan sinar cahaya yang cemerlang. Potongan pada sebuah berlian sangatlah penting dalam menentukan keindahan dan nilai suatu berlian. Bisa dikatakan bahwa potongan berlian yang baik merupakan satu hal yang paling sulit untuk dianalisis dan dikerjakan. 

Untuk menilai kualitas potongan pada sebuah berlian, proporsi menjadi standar utama yang digunakan untuk mengevaluasi seberapa baiknya hasil potongan tersebut. 

  1. Carat

Carat pada berlian merupakan berat atau massa. 1 carat setara dengan 200 miligram atau 0,2 gram. Jika berlian memenuhi ketiga aspek faktor C sebelumnya, maka nilai carat akan menentukan harga dan nilai berlian tersebut. 

Nilai carat berlian tidak bisa ditaksir dari ukuran diameternya. Sebab bisa jadi berlian kecil nilai caratnya lebih tinggi daripada carat pada berlian dengan diameter yang lebih besar.

Itulah dia yang dimaksud 4C Diamond pada sebuah berlian. Bagi Anda yang ingin memiliki perhiasan berlian terbaik, Anda bisa membelinya di Mondial Jeweler yang merupakan salah satu brand perhiasan terbaik, terlengkap dan juga terpercaya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours