Begini Cara Membuat Content Marketing yang Lebih Menarik

Dari sekian banyak strategi pemasaran digital yang ada saat ini, content marketing masih menjadi salah satu cara memasarkan sebuah produk atau layanan yang lebih menjanjikan. 

Mengapa bisa dikatakan demikian? Sebab mengingat akhir-akhir ini, hampir dipastikan semua orang sering menghabiskan waktunya dengan mengkonsumsi berbagai konten yang tersebar di internet. 

Hal tersebut bisa dimanfaatkan agar brand Anda mudah untuk ditemukan dan dikenali oleh target audiens, sehingga bisa membuat tujuan bisnis lebih cepat tercapai. 

Apa Saja Contoh Content Marketing? 

Sederhananya, segala bentuk tulisan atau video yang tersebar di internet saat ini, bisa dikatakan mereka adalah sebuah konten. Sebagai gambaran, berikut beberapa content marketing yang biasa ditemui secara online.  

  • Konten Video

Dengan semakin naiknya pamor platform video online seperti Youtube, Tiktok dan lain sebagainya, pembuatan konten melalui video bisa menjadi lahan yang sangat menjanjikan untuk mengenalkan sebuah produk atau layanan dari sebuah bisnis. 

  • Artikel Blog

Semua orang di era modern ini kebanyakan selalu mencari informasi melalui berbagai situs yang tersebar di internet. Ini bisa dimanfaatkan dengan pembuatan konten artikel blog yang sifatnya informatif, dengan menyisipkan brand Anda di akhir pembahasan. 

  • Podcast

Untuk menggaet calon target audiens yang lebih senang mendengarkan daripada harus menonton video atau membaca artikel, bisa memanfaatkan pembuatan podcast sebagai media konten marketingnya. 

  • Infografis

Infografis berisikan tentang informasi serta kumpulan beberapa data, yang disajikan dalam desain visual yang lebih menarik. Ini bisa dijadikan sebagai lahan pembuatan konten marketing yang menjanjikan, karena isinya akan lebih mudah dimengerti oleh para audiens.  

Bagaimana Cara Menciptakan Konten Marketing yang Menarik? 

Konten marketing tidak hanya sebatas menulis dan membuat tulisan atau video saja. Setidaknya konten marketing yang menarik, harus mengandung unsur sebagai berikut: 

  • Ciptakan Narasi yang Baik

Sebuah konten yang menarik, setidaknya harus bisa menggugah audiens agar bisa merasa terhubung secara emosional. Buatlah sebuah narasi yang kuat, agar bisa membawa audiens menuju ke tingkat konversi yang Anda inginkan. 

  • Buatlah Visual yang Meyakinkan

Sebuah konten bisa dikatakan sempurna kalau sudah menggunakan seni visual yang sangat indah dan juga terlihat menarik. Manfaatkan segala elemen yang ada seperti penggunaan gambar, video ataupun infografis yang mampu dikemas dalam bentuk visual yang bisa memanjakan mata para audiens bisnis Anda. 

  • Konten yang Mengandung Personalisasi

Salah satu cara agar konten bisa mudah melekat dalam hati audiens adalah, dengan cara dipersonalisasikan dengan baik. Buatlah konten yang bisa menjawab kebutuhan dan juga keinginan para calon target audiens bisnis Anda, secara spesifik. 

  • Menjamin Keaslian dan Berani Beda

Agar tidak mudah dilupakan, buatlah konten yang terkesan anti mainstream namun tetap relevan dengan tujuan bisnis Anda. Jangan ragu untuk menciptakan konten yang fresh, unik dan mengandung plot yang tak terduga. 

  • Mengundang Interaksi

Untuk menciptakan keterlibatan dengan audiens, Anda bisa membuat konten yang bisa diintegrasikan dengan berbagai metode. Seperti misalnya dengan menggunakan unsur pertanyaan atau metode interaktif lainnya, yang dapat membuat audiens terpancing untuk berpartisipasi dalam konten yang Anda buat. 

Setelah membaca ulasan diatas, dapat disimpulkan bahwa content marketing ini merupakan salah satu cara strategi pemasaran yang masih terbukti works sampai sekarang. Namun untuk membuat atau menciptakan konten marketing yang baik dan menarik, tentunya memerlukan keahlian yang khusus di dalamnya. 

Untuk membantu Anda dalam membuat serta mengelola konten marketingnya dengan lebih baik, maka bisa bekerja sama saja dengan digital agency terpercaya saja, seperti salah satunya adalah IDEOWORKS.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours