Prospek Kerja Menjanjikan Dari Lulusan Hukum College in Indonesia

Estimated read time 3 min read

Dari sekian banyak jenis jurusan kuliah yang ada di Indonesia, ilmu hukum merupakan salah satu jenis jurusan yang paling banyak diminati. Sebab prospek kerja dari ilmu hukum dari college in Indonesia ini, begitu sangat menjanjikan dengan kisaran gaji yang tinggi-tinggi pula. 

Lebih lengkap mengenai hal tersebut, bisa Anda simak ulasannya dibawah ini. 

Sedikit Gambaran Mengenai Jurusan Ilmu Hukum

Secara singkatnya, jurusan ilmu hukum merupakan sebuah studi yang didalamnya akan mempelajari mengenai berbagai hal tentang sistem hukum yang sedang berlaku di tengah kehidupan masyarakat. 

Di jurusan ini juga kamu juga akan terus diterpa dengan pembelajaran mengenai perundang-undangan, hukum dasar, sampai mempelajari hukum internasional. 

Namun tidak hanya sebatas belajar teori saja, kamu juga akan mengkaji, mendalami serta menganalisis beberapa kasus hukum yang sedang terjadi saat ini, baik itu dalam tingkat nasional maupun internasional. 

Di Dalam jurusan hukum sejatinya juga memiliki cabang mata kuliah yang sangat bervariatif. Sehingga tak heran jika prospek kerja dari jurusan yang satu ini, sangatlah beragam dan juga sangat menjanjikan. Bahkan diantaranya ada pekerjaan yang sangat bergengsi dengan tawaran gaji hingga ratusan juta rupiah. Sangat menarik bukan? 

college in indonesia

Prospek Pekerjaan Dari Lulusan Hukum yang Menjanjikan. 

Adapun berbagai prospek pekerjaan yang bisa menjadi pilihan bagi lulusan ilmu hukum di college in Indonesia ini, bisa Anda simak sebagai berikut: 

  • Jaksa

Profesi sebagai jaksa ini hampir bisa dipastikan pekerjaannya selalu berkutat di ruang pengadilan. Perannya sendiri dalam persidangan yaitu mengumpulkan serta menyajikan bukti yang dapat memberatkan tersangka yang akan diadili di ruang sidang. 

Dan untuk bisa menjadi seorang Jaksa ini, kamu harus melewati proses seleksi yang sangat ketat dari negara. Namun hal tersebut akan sangat terbayar ketika sudah lulus, karena kisaran gajinya tidaklah main-main. 

Untuk gajinya sendiri berada di kisaran gaji UMR sampai Rp15 juta perbulan, dengan tambahan tunjangan pekerjaan mulai dari 1 kali gaji sampai Rp50 juta setiap bulannya. 

  • Hakim

Pilihan prospek kerja lainnya dari lulusan hukum yang bisa kamu lirik adalah menjadi seorang hakim. Yang mana tugas dan tanggung jawab seorang hakim ini adalah bisa melakukan pengawasan selama berlangsungnya jalannya persidangan, sehingga bisa diambil keputusan sidang yang seadil-adilnya. 

Untuk menjadi seorang hakim, tentunya juga akan ada beberapa seleksi dan tes yang harus dilalui. Bahkan tidak jarang para penguji profesi yang satu ini, akan turut menilai moral serta  kemampuan kamu dalam proses pengambilan sebuah keputusan yang tepat. 

  • Pengacara

Profesi sebagai pengacara ini tentunya bukan menjadi suatu hal yang asing lagi di tengah kehidupan kita. Sebab profesi yang satu ini sering banyak terekspos di berbagai media, terutama televisi. 

Untuk tanggung jawab serta tugasnya sendiri, seorang pengacara ini harus bisa mewakili kliennya dalam menyelesaikan perselisihan hukumnya yang sedang dihadapi, dengan cara yang seefektif mungkin. 

Besaran gaji yang bisa diterima oleh pengacara inipun terbilang sangat bervariatif, tergantung dari jenis serta beratnya kasus yang akan dihadapi. Sebagai gambaran kisaran gaji atau bayaran seorang pengacara ini, dimulai di angka Rp5 juta sampai tak terhingga, bila klien yang kamu tangani adalah orang yang sangat penting. 

Demikian sedikit ulasan mengenai jurusan ilmu hukum ini serta gambaran profesi yang akan kamu bisa pilih nantinya bila sudah lulus di salah satu college in Indonesia ini.  

Walaupun kamu sekarang masih mencari tempat kuliah yang bisa membuat kamu menjadi seorang praktisi hukum yang expert, maka kamu bisa memilih berkuliah di Universitas Indonesia (UI) saja. 

Semoga bermanfaat!

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours