Awas Harga Ban Motor Mahal! Cek Tips Berikut Supaya Tahan Lama

Estimated read time 3 min read

Bagi Anda yang mempunyai kendaraan bermotor, pastikan rajin merawatnya dengan  baik. Pasalnya, harga ban motor dan sparepart lainnya lumayan mahal. Jika Anda merawatnya dengan baik, tentu akan membuat masa pakai ban atau sparepart lebih awet sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya perbaikan.

Ban merupakan bagian penting dari kendaran namun seringkali diabaikan perawatannya. Supaya masa pakai ban kendaraan Anda awet dan tahan lama, silahkan intip apa saja yang perlu Anda hindari berikut ini.

Penyebab Ban Mudah Rusak

Di bawah ini merupakan kesalahan yang sering tidak disadari dan dapat memperpendek masa pakai ban motor.

1. Tekanan Angin Kurang

Ban akan menjadi cepat rusak atau mudah pecah jika kurang tekanan angin. Selain itu, Anda juga akan merasakan limbung selama berkendara. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu memeriksa tekanan angin pada ban sebelum Anda bepergian. 

Jika Anda berkendara menggunakan motor dengan ban kurang tekanan, maka bisa berakibat kecelakaan. Ban tersebut bisa saja pecah sehingga kendaraan lepas kendali.

2. Kelebihan Beban

Hindari mengangkut barang atau orang melebih kemampuan kapasita motor. Pasalnya, kelebihan muatan juga akan memperberat tekanan pada ban. Risiko yang paling jelas adalah ban meletus. Jika ban meletus ketika Anda melaju dengan kencang, maka hal ini bisa berakibat fatal.

3. Sering Berkendara di Jalan Rusak

Kondisi jalan yang rusak ternyata juga dapat mempercepat kerusakan pada ban. Jalan yang berbatu dan berlubang dapat merusak struktur bagian dalam ban. Alhasil, ban akan  mudah bocor atau bahkan meletus. 

Supaya tidak sering mengganti ban, sebaiknya Anda memilih jalan dengan permukaan yang mulus. Jika jalan tersebut adalah rute satu-satunya yang harus Anda lalui, maka bisa memilih ban motor berkualitas seperti Dunlop.

4. Berkendara dengan Kecepatan Tinggi

Apakah Anda sering mengebut di jalan? Jika iya, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan ini karena bisa membuat ban cepat rusak. Selain itu, mengemudi dengan kecepatan tinggi juga tidak baik untuk keselamatan berkendara dan pengguna jalan lainnya.

Selama kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi, maka permukaan ban akan mengalami gesekan yang intens dengan permukaan jalan. Hal ini akan membuat ban cepat tipis sehingga rawan meletus.

5. Mengerem Mendadak

Kebiasaan mengerem mendadak juga dapat membuat ban motor cepat rusak sehingga Anda harus menggantinya dengan yang baru. Supaya Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk harga ban motor yang mahal, maka cukup perbaiki cara Anda mengerem.

Usahakan tidak berkendara dengan kecepatan tinggi supaya Anda dapat melakukan pengereman yang halus. Cara pengereman seperti ini tidak akan membuat permukaan ban banyak terkikis oleh permukaan aspal. 

6. Ukuran Ban yang Tidak Sesuai

Biasanya pengguna motor memodifikasi ban bawaan dengan ukuran yang lebih kecil. Menggunakan ukuran ban yang tidak sesuai ini tentu dapat menyebabkan ban tersebut cepat rusak. Pasalnya, ukuran ban yang lebih kecil tidak dapat menopang beban dengan baik. Risikonya, ban mudah pecah sehingga berpotensi mengalami kecelakaan.

Itulah enam kesalahan yang perlu Anda ketahui supaya dapat menghindarinya. Jika ingin masa pakai ban lebih awet dan tahan lama, maka pilihlah ban berkualitas dan imbangi dengan perawatan yang baik. Harga ban motor Dunlop tersedia mulai dari Rp200.000,00. Harga ban berbeda-beda karena tergantung ukuran dan tipenya.

Dunlop merupakan perusahaan ban asal Jepang yang sudah beroperasi sejak 1888 dan menjadi produsen ban tubeless pertama di Jepang. Silakan kunjungi Dunlop.co.id untuk mendapatkan informasi lengkap seputar ban kendaraan bermotor.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours