Perbedaan Susu Pasteurisasi dan UHT dalam Susu Sapi kotak

Estimated read time 2 min read

Susu adalah sumber nutrisi penting yang dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia. Terdapat dua metode utama pengolahan susu sebelum dikemas menjadi susu sapi kotak yang membuatnya aman untuk dikonsumsi, yaitu pasteurisasi dan UHT (Ultra-High Temperature). Baik susu pasteurisasi maupun susu UHT memiliki kebaikan masing-masing, berikut perbedaan kebaikan yang terkandung pada susu pasteurisasi serta UHT.

Susu Pasteurisasi

Pasteurisasi adalah proses pemanasan susu hingga sekitar 72°C selama 15 detik (pasteurisasi cepat) atau 63°C selama 30 menit (pasteurisasi lambat). Beberapa kebaikan susu sapi kotak yang didapat dengan melewati proses pasteurisasi adalah:

  1. Rasa dan Nutrisi yang Lebih Alami

Susu pasteurisasi cenderung mempertahankan rasa dan tekstur yang lebih mirip dengan susu segar. Meskipun ada sedikit kehilangan nutrisi selama pemanasan, sebagian besar kandungan vitamin dan mineral tetap utuh.

  1. Kandungan Probiotik

Beberapa jenis susu pasteurisasi, terutama yang diproses dengan metode lambat, dapat mempertahankan sebagian kandungan probiotik alami yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

  1. Kesegaran

Susu pasteurisasi biasanya memiliki umur simpan yang lebih pendek (sekitar 1-2 minggu) dibandingkan susu UHT. Hal ini bisa berarti susu tersebut lebih segar dan lebih sedikit terproses.

Susu UHT (Ultra-High Temperature)

UHT (Ultra-High Temperature) melibatkan pemanasan susu hingga suhu sekitar 135°C selama 2-5 detik. Setelah dipanaskan, susu segera didinginkan dan dikemas dalam kondisi steril. Kebaikan yang terkandung dalam susu UHT adalah:

  1. Lebih Tahan Lama

Susu UHT memiliki umur simpan yang jauh lebih lama, hingga 6 bulan bahkan lebih tanpa perlu didinginkan hingga kemasan dibuka. Ini membuatnya praktis untuk penyimpanan jangka panjang dan konsumsi di daerah tanpa fasilitas pendingin.

  1. Keamanan Pangan

Proses UHT membunuh hampir semua mikroorganisme, menjadikan susu ini sangat aman dari bakteri patogen. Ini sangat penting bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti anak kecil dan orang tua.

  1. Kemudahan Distribusi

Karena tidak memerlukan pendinginan selama transportasi dan penyimpanan, susu UHT lebih mudah didistribusikan, terutama di daerah terpencil atau dengan infrastruktur yang terbatas.

Kedua proses tersebut sama baiknya namun jika anda menginginkan susu sapi kotak yang tetap terjaga kesegarannya pilihlah Greenfields Fresh Milk yang melewati proses pasteurisasi dengan teknologi tinggi tanpa tersentuh tangan manusia, ini membuat Fresh Milk Greenfields sangat higienis dan memiliki ketahanan lebih lama dibanding susu pasteurisasi biasanya.

You May Also Like

More From Author

+ There are no comments

Add yours